Olahraga apa yang bisa Anda lakukan setelah Sahur?

Mar 29, 2019 |

Memasuki bulan puasa bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga, ini adalah kesempatan emas untuk meningkatkan kebugaran fisik selama puasa. Setelah itu Anda bisa berolahraga setelah Sahur. Setelah olahraga matahari terbit jangan dilakukan terlalu lama, sekitar 15-30 menit Anda bisa membuat tubuh Anda bugar saat puasa. Mari kita cari tahu olahraga apa yang bisa Anda lakukan di bawah setelah fajar.

Olahraga apa yang bisa Anda lakukan setelah Sahur?

Bagi Anda yang menikmati olahraga pagi, Anda masih bisa melakukannya bahkan jika Anda berpuasa. Namun tentu saja dengan intensitas dan jenis latihan yang berbeda. Bahkan jika Anda bisa berlatih di pagi hari, Anda harus ingat untuk menghemat energi sampai waktu istirahat. Pagi setelah fajar udaranya masih segar, dan matahari tidak terlalu panas, sehingga tidak membuat Anda haus jika berlatih saat ini.

Olahraga setelah fajar dapat dilakukan dan memiliki intensitas cahaya, seperti:

berjalan
Sit up dan push up
Bersepeda santai (kecepatan kurang dari 5 meter per jam)
Pelatihan ringan
yoga
Tai Chi

Cara lain untuk menentukan apakah suatu olahraga termasuk intensitas level mana, dimungkinkan untuk melihatnya dari nafas, dari jumlah keringat dan impuls.

Misalnya, olahraga lari. Berjalan bisa intensitasnya ringan atau sedang. Ini tergantung pada kecepatan berjalan yang Anda lakukan. Jika hasil dari jalan itu tidak menyebabkan perubahan pada pola pernapasan, jangan menyebabkan keringat yang signifikan, Anda masih bisa bercakap-cakap atau saat Anda bernyanyi sekarang, nadi Anda tidak akan bertambah terlalu cepat. Jika semua jawabannya ya, olahraga Anda termasuk dalam intensitas cahaya.
Manfaat berolahraga di pagi hari setelah Sahur sayang sekali untuk dilewatkan
1. Menjadi lebih produktif

Berolahraga di pagi hari melepaskan endorfin ke tubuh. Tubuh menjadi lebih waspada dan siap bergerak. Efek ini membuat tubuh lebih berenergi. Olahraga pagi juga membuat otak lebih jernih dan lebih terkonsentrasi. Bahkan jika Anda sedang berpuasa, olahraga pagi yang tepat membuat hari Anda lebih produktif.
2. Buat tidur malam yang lebih baik

Bahkan olahraga pagi membuat malam lebih baik. Latihan pagi hari membuat tubuh lebih berenergi di siang hari dan kelelahan biasanya muncul di penghujung hari.

Ini membuat tidur lebih teratur dan meningkatkan kualitas tidur. Hari berikutnya Anda akan merasa lebih bersemangat tentang kualitas tidur terbaik lagi.
3. Pertahankan tekanan darah

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan olahraga pagi dibandingkan dengan mereka yang berlatih siang dan malam mengalami penurunan tekanan darah yang lebih besar dan lebih stabil. Terutama bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi, ini sangat berguna.
4. Metabolisme energi menjadi lebih cair

Bagi Anda yang ingin memiliki berat badan ideal pada hari Lebaran, olahraga pagi setelah subuh bisa menjadi kuncinya. Ketika Anda berolahraga di pagi hari Anda menemukan bahwa itu memicu tubuh Anda untuk membakar kalori. Olahraga pagi akan meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak akan terjadi lebih cepat.

Baca juga :

 

Posted in: Kesehatan

Comments are closed.