Mengatasi Tidak Nafsu Makan Saat Demam

Jan 12, 2020 |

Demam adalah tanda bahwa tubuh Anda sedang melawan penyakit. Meskipun bermanfaat, proses ini juga dapat memiliki efek yang tidak nyaman. Tapi salah satu dari mereka yang mengurangi nafsu makan karena semua perut buruk yang masuk dapat membuat mual. Jadi, adakah cara untuk meningkatkan nafsu makan saat Anda demam?

Kiat meningkatkan nafsu makan karena demam

Nafsu makan bisa membuat Anda kehilangan energi dan nutrisi. Padahal, tubuh membutuhkan energi dan nutrisi untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit.

berkeringat saat demam

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, berikut adalah beberapa cara Anda dapat meningkatkan nafsu makan untuk demam:

1. Makan makanan favorit Anda
Demam bisa mengurangi indera perasa Anda sehingga makanan tidak lagi puas. Dengan menyajikan berbagai makanan yang Anda sukai, makan akan lebih mudah dan menyenangkan bahkan jika rasanya tidak sedap seperti biasanya.

Beberapa penelitian dalam jurnal Appetite juga menemukan bahwa makanan favorit dapat menghasilkan lebih banyak makanan.

Namun perlu diingat bahwa jika makanan favorit Anda adalah junk food, Anda masih perlu banyak memakannya.

2. Makan dalam porsi kecil tapi sering
beberapa makanan
Makan dalam porsi besar akan lebih sulit ketika Anda demam. Alasannya, Anda lebih mual dan makanan mungkin terasa tidak enak.

Untuk menambah nafsu makan saat Anda demam, Anda bisa mencoba makan dalam porsi kecil tetapi sering.

Bagilah 3 makanan besar menjadi 5-6 makanan kecil. Di antara waktu makan, diselingi dengan makanan atau minuman dapat membantu pemulihan demam. Misalnya sup ayam, teh jahe, madu, atau buah-buahan.

3. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah pada selera Anda
manfaat dari lada hitam
Beberapa jenis bumbu dan rempah-rempah dipercaya meningkatkan nafsu makan secara alami. Zat-zat ini distimulasi dengan memicu produksi enzim empedu dan pencernaan yang menyebabkan kelaparan, dan mempercepat laju metabolisme mereka.

Rempah-rempah dan rempah-rempah termasuk bawang putih, kapur, lada hitam, ketumbar, jahe, mint, kayu manis, adas, dan cengkeh. Anda bisa menggunakan bumbu dan rempah-rempah ini dengan mencampurkannya sebagai bumbu masakan Anda.

4. Hindari makanan pencernaan
tinggi serat
Makanan yang sulit dicerna akan bertahan lebih lama di perut. Bagi orang-orang yang menolak berat, ini tentu berguna karena dapat menempatkan nafsu makan Anda. Namun, ini bukan untuk Anda demam.

Untuk menambah nafsu makan karena demam, Anda harus menghindari makanan yang sudah lama dicerna. Batasi konsumsi buah dan sayuran dengan serat, makanan fermentasi, daging merah, dan produk gandum dan biji.

5. Pastikan Anda tidak minum di antara waktu makan
minum es setelah makan
Dianjurkan untuk minum lebih banyak ketika Anda demam sedang. Sayangnya, minum air sebelum atau di antara waktu makan bisa sangat cepat.

Akibatnya, Anda mungkin tidak bisa makan dalam jumlah besar.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kebiasaan makan dapat mengurangi asupan kalori Anda. Jadi usahakan jangan minum 30 menit sebelum makan. Setelah selesai makan, Anda bisa minum lagi seperti biasa.

Kiat meningkatkan nafsu makan untuk demam sama dengan cara meningkatkan nafsu makan untuk kesehatan. Bedanya, Anda perlu berhati-hati dengan makanan yang Anda makan.

Pilih makanan yang lebih ‘bersahabat’ di perut Anda, karena mengasumsikan sistem pencernaan biasanya sensitif ketika Anda sakit. Ini juga membatasi makanan yang merangsang sistem pencernaan, terutama makanan pedas dan asam.

Baca Juga :

Posted in: Kesehatan | Tags:

Comments are closed.