Manfaat Olahraga Sepeda

Apr 16, 2020 |

Bersepeda dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit mental. Bersepeda adalah kegiatan yang dilakukan dengan bersepeda. Kegiatan ini sangat populer di negara-negara barat.

Ini disebabkan oleh budaya orang-orang yang mengendarai sepeda di tempat kerja. Ini juga menunjukkan secara statistik bahwa mengurangi lemak tubuh saat bersepeda hampir sama dengan melakukan latihan kebugaran intensitas tinggi.

Apakah Anda tahu pasti hadiah apa yang sering diberikan Presiden Jokowi dalam setiap kuis yang ia ambil? Ya, dengan sepeda. Kendaraan roda dua ini tersedia pada hari olahraga bebas mobil. Tapi tahukah Anda manfaat kesehatan dari bersepeda?

Olahraga Sepeda

Olahraga Sepeda

Berikut adalah manfaat olahraga sepeda

1. Mengendalikan berat badan

Bersepeda adalah cara yang bagus untuk mengendalikan atau menurunkan berat badan karena bersepeda dapat meningkatkan metabolisme, membentuk otot, dan membakar lemak tubuh. Bersepeda membantu Anda memastikan bahwa konsumsi energi Anda lebih tinggi daripada asupan energi karena Anda membakar kalori saat bersepeda.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda harus memadukan bersepeda dengan diet sehat. Berapa banyak kalori yang Anda bakar saat bersepeda tergantung pada berapa lama, seberapa jauh dan seberapa cepat Anda mengayuh. Namun, satu studi menemukan bahwa setengah jam bersepeda sehari membakar hampir lima kilogram lemak selama setahun.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Bersepeda teratur dapat menstimulasi dan meningkatkan jantung, paru-paru dan sirkulasi darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda memperkuat otot jantung dan mengurangi lemak darah. Ini ditunjukkan oleh penelitian di Denmark, yang menunjukkan bahwa orang yang mengayuh secara teratur dilindungi terhadap penyakit jantung di usia tua.

3. Mengurangi risiko kanker

Jika Anda makan sehat dan naik sepeda secara teratur, Anda bisa mengurangi risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang dengan tubuh yang sehat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru dan usus besar bahkan di usia tua. Studi lain juga menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

4. Mengurangi risiko diabetes

Kurangnya aktivitas fisik adalah salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko diabetes Anda. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan bahwa orang yang bepergian lebih dari 30 menit sehari memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes.

5. Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh

Bersepeda dapat melindungi istirahat dari jatuh. Meskipun bersepeda tidak secara spesifik membantu dengan osteoporosis, bersepeda adalah bentuk olahraga yang ideal bagi orang yang menderita osteoporosis, karena bersepeda adalah olahraga yang mudah yang hanya memberikan tekanan ringan pada persendian. Sebuah studi juga menemukan bahwa kondisi pada pasien yang lebih tua dengan nyeri lutut dan osteoarthritis membaik setelah menendang.

6. Mengurangi stres

Olahraga, termasuk bersepeda, menyebabkan tubuh Anda memproduksi hormon dopamin, yang dapat meningkatkan kebahagiaan untuk mengurangi stres atau bahkan depresi.

Sekian artikel tentang Manfaat Olahraga Sepeda semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Posted in: Kesehatan | Tags: , , , ,

Comments are closed.