Cara mencegah maag dengan perubahan gaya hidup

Apr 15, 2019 |

Pernahkah Anda merasakan sensasi hangat di bagian atas perut Anda? Biasanya terjadi setelah makan besar dan berlanjut sampai beberapa jam kemudian. Sensasi terbakar ini disebut mulas.

Sakit maag biasanya terjadi setelah makan. Ini terjadi ketika makanan di perut kembali ke kerongkongan, menyebabkan rasa sakit yang membakar di belakang tulang dada. Saat menelan makanan, otot (kerongkongan) rileks dengan memindahkan makanan dari mulut ke perut, lalu mengencangkan untuk mencegah makanan naik kembali (acid reflux). Ketika otot ini rusak, refluks asam dapat terjadi dengan mudah.

Meskipun umum, mulas dapat menyebabkan kondisi serius lainnya yang memerlukan perhatian medis. Sakit maag bukan kondisi ringan, jika berkepanjangan dan tidak diobati dapat menyebabkan asam lambung merusak lapisan usus.

Cara termudah untuk mengendalikan mulas adalah mengubah gaya hidup Anda. Perubahan gaya hidup berarti mengubah hal-hal yang Anda kendalikan, termasuk menghindari faktor dan pemicu yang dapat membuat gejala semakin buruk.

Cara mencegah maag dengan perubahan gaya hidup

Mulas adalah kondisi perut, jadi jelas Anda harus mengubah pola makan untuk menghindarinya. Kuncinya adalah untuk menghindari tekanan usus dan menghindari pemicu:

Jangan makan berlebihan atau makan cepat. Porsi kecil berarti lebih sedikit makanan yang masuk ke perut pada satu waktu, sehingga mengurangi terjadinya refluks asam lambung.
Buat catatan tentang hal-hal yang menyebabkan refluks asam untuk menghindari makanan ini. Beberapa pemicu umum seperti bawang, peppermint, cokelat, minuman berkafein seperti kopi, jus jeruk atau buah, tomat atau makanan berlemak dan pedas.
Berhenti merokok dan batasi penggunaan alkohol. Nikotin dalam tembakau dapat mempengaruhi kerongkongan, yang memungkinkan asam lambung memasuki kerongkongan dengan lebih mudah.
Hindari menekan perut Anda. Kenakan pakaian longgar yang tidak menekan perut dan menurunkan berat badan. Semakin berat Anda, semakin besar tekanan pada usus Anda.
Hindari berbaring setelah makan. Anda dapat membayangkan perut Anda sebagai sebotol air dan berbaring dapat menyebabkannya bocor. Tempatkan kepala Anda sedikit lebih tinggi dari tubuh Anda dengan bantal untuk mencegah refluks asam. Jika mengangkat kepala Anda tidak berhasil, cobalah mengangkat tubuh Anda dari pinggang ke atas.

Berolahraga secara teratur. Ini bisa membantu pencernaan. Tidak aktif dapat memperlambat pencernaan dan memperburuk mulas. Beberapa latihan intensitas rendah termasuk berjalan, berenang, dan yoga.
Pertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan menambah lebih banyak berat ke daerah perut. Ini akan memberi lebih banyak tekanan pada perut dan menghambat pencernaan yang lancar. Anda harus mengurangi kelebihan berat badan jika kelebihan berat badan.
Minumlah segelas air setelah makan. Ini akan membantu melarutkan dan membersihkan asam di kerongkongan Anda.

Hindari merokok dan minum alkohol. Jika Anda menderita mulas, disarankan untuk menghindari rokok dan alkohol sebelum, selama dan setelah makan. Rokok dan alkohol dapat melemahkan sphincter esophageal otot (LES), yang bertanggung jawab untuk menjaga kandungan makanan di perut dan mencegah refluks.
Mengunyah permen karet Kadang-kadang mengunyah permen karet bisa membantu Anda mencerna. Mengunyah permen karet, lebih disukai tanpa peppermint, merangsang produksi air liur dan meningkatkan pergerakan kandungan makanan di perut untuk menyingkirkan usus kecil. Air liur terbuat dari bikarbonat yang dapat menetralkan kelebihan asam.

Meskipun sebagian besar mulas tidak berbahaya, itu dapat mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Jika Anda mengalami sakit maag parah yang tidak dapat diobati dengan obat bebas, berkonsultasilah dengan dokter. Dokter dapat mengevaluasi kondisi Anda untuk memberikan bantuan terbaik.

Baca juga :

 

Posted in: Kesehatan

Comments are closed.