5 Cara Mengembalikan Kesehatan Kulit Wajah

Sep 8, 2019 |

Aktivitas sehari-hari membuat kulit mudah terpapar polusi, radiasi matahari, udara kering, asap rokok dan zat berbahaya lainnya. Belum lagi fakta bahwa pikiran sedang stres dan tidak punya cukup waktu untuk merawat kulit. Semua hal ini dapat menyebabkan kulit tidak sehat. Lantas bagaimana cara mengembalikan kesehatan kulit wajah? Lihatlah cara di bawah ini, ayolah.

Tips mengembalikan kesehatan kulit wajah

Santai, memulihkan kesehatan kulit wajah dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana. Tidak perlu menjalani perawatan mahal di pusat kecantikan, perubahan kecil setiap hari juga dapat mengembalikan kondisi kulit wajah menjadi sehat dan terawat lagi. Mulai dengan lima cara berikut:

1. Cuci wajah Anda dengan deterjen ringan dan tanpa sabun
Secara teratur membersihkan wajah untuk menghilangkan kotoran yang menempel akibat paparan polusi, sinar matahari dan keringat dapat membantu meningkatkan tekstur dan struktur kulit dan mencegah penuaan dini.

Pilih pembersih wajah yang formulanya halus dan tingkat pH seimbang sehingga cocok untuk semua jenis kulit. Memilih pembersih wajah yang mengandung banyak zat tambahan seperti sabun dan wewangian justru dapat membuat kulit lebih sensitif dan teriritasi.

Perlu dicatat bahwa Anda harus mencuci muka tidak lebih dari dua kali sehari; jika Anda memiliki kulit yang sangat kering.

2. Lindungi kulit Anda dengan pelembab dan tabir surya
Pastikan untuk melindungi kulit Anda dengan pelembab dan tabir surya sebelum bergerak.

Selalu gunakan pelembab agar kulit selalu lembut, sehat dan terhindar dari dehidrasi dan penuaan dini. Apalagi jika Anda menghabiskan banyak waktu di ruangan yang kering atau ber-AC.

Kulit yang terlalu sering terkena radiasi ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) matahari berpotensi mengalami kerusakan. Tanda-tandanya termasuk kulit kusam, bintik-bintik hitam muncul, kemudian menjadi keriput. Paparan sinar UV yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Karena itu, rawat kulit Anda secara teratur menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih, setidaknya 15 menit sebelum meninggalkan ruangan.

3. Minumlah banyak air
Diketahui bahwa minum banyak air adalah salah satu kunci utama untuk mengembalikan kelembaban di kulit. Kelembaban kulit adalah salah satu tanda yang menggambarkan kesehatan kulit wajah.

Dengan meminum setidaknya 8 gelas air sehari, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak zat beracun yang bisa membahayakan kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit. Minum air yang cukup juga membantu menghindari dehidrasi sehingga menjaga kelembaban kulit.

4. Memperbaiki pola makan dan pola tidur
Apa yang masuk ke tubuh Anda akan memancar dari penampilan fisik Anda, terutama dari kulit wajah Anda. Karena itu, pastikan Anda makan banyak buah, sayuran, biji-bijian dan protein. Selain itu, mengurangi lemak jahat dan minuman manis dapat membantu kulit Anda terlihat lebih sehat dan lebih dirawat.

Tak hanya asupan nutrisi, pola tidur juga memengaruhi kesehatan kulit. Dikutip oleh Sleep.org, tidur yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kadar hormon stres, sehingga dapat mengurangi masalah kulit seperti jerawat, peradangan atau eksim.

5. Periksa dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah
Jika Anda telah mencoba semua metode yang disebutkan di atas dan kondisi kulit Anda tidak menunjukkan perubahan, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter kulit terdekat.

Dokter Anda dapat merekomendasikan berbagai jenis perawatan yang sesuai untuk gejala Anda dan membantu memulihkan kesehatan kulit wajah.

Baca Juga :

Posted in: Ragam Manfaat

Comments are closed.